TUGAS ISD V



·                    Pengertian Ilmu Sosial Dasar

llmu sosial dasar adalah ilmu pengetahuan untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia tentang masalah-masalah sosial yang terjadi pada masyarakat dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, dan teori) yang berasal dari gabungan disiplin ilmu-ilmu sosial. Ilmu-ilmu sosial tersebut adalah : sejarah, ekonomi, geografi, sosiologi, antropologi, dan psikokologi sosial.
·                    Tujuan Ilmu Sosial Dasar

Tujuan ilmu sosial dasar adalah memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial dan lebih memahami dan menyadari bahwa setiap kenyataan sosial dan masalah sosial ada dalam masyarakat dan selalu bersifat kompleks, kita hanya bisa memahaminya secara kritis. Untuk itulah ilmu sosial dasar mempunyai peran penting agar mahasiswa memiliki bekal yang cukup dalam hidup bermasyarakat. Ilmu sosial dasar memberikan wawasan kepada mahasiswa untuk dapat menjawab setiap permasalahan yang terjadi pada masyarakat. ilmu sosial dasar juga bertujuan untuk membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas. Dan ciri-ciri kepribadian yang diharapkan dari setiap anggota golongan terpelajar Indonesia, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia lainnya.
Selain itu ilmu sosial dasar bertujuan membantu kepribadian mahasiswa agar mampu berperan kepada bangsa dan Negara, dan agama. Mahasiswa dapat memberikan kontribusinya kepada bangsa dan negara dengan melalui penciptaan alat-alat yang berguna di masa yang akan datang, berprestasi di kancah internasional, dan mengabdikan seluruh jiwa dan raganya.

·                    Perbedaan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial

 Ilmu pengetahuan sosial.
Dalam perkembangan ilmu sosial timbul paham studi sosial disebut IPS, IPS yang berarti ilmu pengetahuan sosial yang disederhanakan untuk tujuan pendidikan dan pengajaran di sekolah dasar dan menengah. IPS adalah bidang studi yang merupakan panduan ( fusi ) dari sejumlah mata pelajaran social. Dapat juga diartikan sebagai  ilmu yang mempelajari tentang unsur-unsur atau nilai-nilai dari berinteraksi sosial, nilai kehidupan kita dalam melakukan suatu kegiatan, berpikir menjadi orang mempunyai rasa nilai tenggang rasaan sesama manusia. Didalam ilmu pengatahuan sosial dibagi menjadi beberapa ilmu yaitu: sejarah, geografi, ekonomi, dan masih banyak lagi semua itu besifat universal. .
Ilmu Sosial Dasar
ISD adalah gabungan dari disiplin ilmu – ilmu sosial yang dipergunakan dalam pendekatan dan pemecahan masalah-masalah sosial  yang timbul dan berkembang dalam masyarakat. Dengan begitu ilmu – ilmu sosial dan ilmu sosial dasar tidak ada perbedaan yang prinsipil.Ilmu sosial dasar juga ilmu yang berdasarkan suatu nilai dalam kependudukan yang bertempat di satu Negara yang bisa menilai, menyimpulkan, dan juga menganalasis suatu permasalahan yang ada di sekitarnya dengan bersosialisai akan tetapi juga masih menggunakan suatu nilai yang  terpenting dalam ilmu sosial dasar yaitu fakta, konsep, dan teori nilai tersebut semua diambil dari sejarah, ekonomi, geografi sosial,sosiologi, antropologi, psykologi sosial.
Dapat disimpulkan Ilmu sosial dasar diberikan pada waktu kita menjenjang kuliah sedangkan Ilmu sosial pengetahuan yang diberikan pada waktu kita duduk di bangku sd dan juga sekolah lanjutan, Ilmu sosial dasar ilmu yang menjuru pada satu bidang atau hanya berpatokan pada bidang nilai cara bersosialisasi dengan sesama manusia sedangkan .Ilmu pengetahuan sosial adalah ilmu yang mempunyai banyak bidang dan tujuan sama yaitu demi bersosialisai dengan dibagi menjadi beberapa bidang seperti itu ilmu pengetahuan sosial mempunyai banyak kegunaan, Ilmu sosial dasar mengambil nilai suatu sosial dari fakta dan juga teori nilai akan tetapi Ilmu pengetahuan sosial semuanya penuh dengan perhitungan yang tepat.

·                    Persamaan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial


Ø  Merupakan ilmu yang sama-sama menggunakan ilmunya untuk bersosilisasi dengan macam-macam kebutuhannya

Ø  Ilmu yang kita dapatkan semenjak kita duduk dibangku sekolah sampai jenjang kuliah

Ø  Suatu nilai utama yang dibutuhkan untuk manusia dalam berinteraksi dan juga berorganisai

Ø  Fakta, teori, konsep, perhitungan yang tepat adalah unsur yang diambil dalam kedua ilmu tersebut

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Layanan Sistem Informasi

Masa Depan Cemerlang Bersama Astra International

Tugas PBO 1 - Class Diagram dan Use Case Path