TUGAS ISD VII



B.  KONFLIK

“Penggusuran Pedagang Kaki Lima di Pasar Senen”
                Penggusuran PKL di Pasar Senen kembali berakhir dengan keributan . Para pedagang ini menolak di pindahkan oleh petugas Satpol PP. Petugas berdalih para PKL ini menggangu lalu lintas dijalan karena sebagian badan jalan dipakai para PKL ini untuk berjualan . Para PKL ini menolak dipindahkan karena tempat baru mereka dinilai memiliki harga sewa tempat yang mahal. Selain itu para pedagang menilai tempat baru mereka itu sepi pengunjung. Oleh karena itu mereka menolak untuk dipindahkan.


                Para pedagang juga mengeluhkan penggusuran tersebut tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu sehingga mereka bisa mengemaskan barang-barang dagangan mereka. Pak Sulaiman salah seorang pedagang yang saya wawancarai juga mengeluhkan seharusnya Pemerintah juga harus memikirkan penghasilan PKL yang pas-pasan sementara harga sewa tempat yang lumayan mahal.Para pembeli yang saya temui juga mengeluhkan tempat baru para pedagang yang sangat jauh dari pintu keluar dan jalan raya. Hal ini juga menyebabkan pendapatan para pedagang menjadi turun.




               Mungkin maksud dari Pemerintah kita itu baik,mengurangi kemacetan lalu lintas yang sering terjadi disana, memberikan tempat yang lebih bersih dan lebih nyaman. Namun hal tersebut harus ditinjau lagi, apakah harga sewa yang diterapkan tersebut sesuai dengan kemapuan para pedagang.Ini pertama kalinya saya terjun langsung saat ada penggusuran PKL. Suasananya sangat menegangkan. Banyak pedagang yang histeris berteriak. Disatu sisi saat saya berbicara dengan salah seorang pedagang yang barangnya sudah diangkut oleh petugas satpol PP. Ia mengaku pasrah semua barang dagangannya diangkut petugas. Ia juga mengakui memang tindakan mereka berjualan di pinggir jalan itu salah.

OPINI
   
           Niat pemerintah sudah baik namun pelaksanaannya saja yang kurang. Pemindahan PKL harusnya tidak perlu berakhir dengan kerusuhan. Bisa dengan cara baik-baik, Pemerintah juga harusnya mempertimbangkan kembali harga sewa tempat yang terlalu mahal tersebut. Para pedagang juga harusnya tidak berjualan di pinggir jalan raya karena itu mengganggu lalu lintas dijalan raya apalagi jika jam pulang kerja pasti terjadi kemacetan yang sangat panjang. Semoga perselisihan antara PKL dan petugas satpol PP tidak lagi terjadi .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Layanan Sistem Informasi

Masa Depan Cemerlang Bersama Astra International

Tugas PBO 1 - Class Diagram dan Use Case Path