TUGAS ISD VII

TUGAS ISD VII
KONFLIK DAN KESENJANGAN SOSIAL
      A.      KESENJANGAN SOSIAL

                                     “Ibu Masitoh, Penjual Koran di lampu merah pasar Senen”
Ibu Masitoh (52) asal Brebes , bekerja sebagai penjual koran di lampu merah pasar Senen. Ia bekerja mulai jam 5 pagi setiap harinya. Penghasilannya hanya Rp. 40.000,-/hari. Ia bercerita kepada saya ketika umur 18 tahun ia memutuskan untuk pindah ke Jakarta dan mengadu nasib disini. Dia berfikir kalau mencari uang di Jakarta lebih mudah dibandingkan dengan dikampungnya . Ternyata menurutnya mencari uang disini cukup sulit apalagi pendidikannya hanya lulusan SD. Di Jakarta ia tinggal bersama suaminya di daerah Tanah Tinggi, Jakarta Pusat.Meskipun dia memiliki 2 orang anak namun kedua anaknya juga tidak jauh berbeda dengannya. Anaknya hanya bekerja sebagai kuli bangunan dan anak perempuannya hanya bekerja sebagai pembantu rumah tangga. 




Ini seharusnya menjadi PR bagi Pemerintah dan kita semua. Kesenjangan social jelas terjadi disini. Seharusnya pemerintah membuat program pelatihan keterampilan bagi rakyat kecil seperti Ibu Masitoh ini. Program tersebut pasti sangat membantu mereka. Mereka jadi punya keterampilan yang bisa mereka lakukan dan menghasilkan uang lebih banyak.Ibu Masitoh pun bercerita kepada saya kalau ia ingin sekali memiliki keterampilan menjahit. Memang kebanyakan Ibu-ibu ingin memiliki keterampilan tersebut. 


 OPINI
Seharusnya Pemerintah membuat program keahlian bagi rakyat kecil. pasti program ini memdapat reaksi positif dari semua golongan masyarakat. Memang program ini pasti memakan biaya yang sangat besar, Namun pasti hasil yang didapat sangat besat pula.Bayangkan ika semua warga Indonesia memiliki keterampilan yang bagus, pasti kualitas SDM kita akan meningkat dan bayaran untuk mereka pasti besar sehingga tidak ada lagi kejadian seperti Ibu Masitoh lagi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Layanan Sistem Informasi

Masa Depan Cemerlang Bersama Astra International

Tugas PBO 1 - Class Diagram dan Use Case Path